Minggu, 07 Oktober 2012

Peranan Wiraswasta Kecil dalam Mendukung Perekonomian Saat Ini

Wiraswasta kecil merupakan sebuah usaha kecil yang di bangun sendiri ataupun bersama guna untuk memenuhi kebutuhan orang banyak atau dapat disebut dengan pelanggan dalam bentuk barang ataupun jasa.
contoh wiraswasta kecil sangatlah banyak sehingga tidak dapat disebutkan satu persatu
namun gambar dibawah ini adalah contoh beberapa wiraswasta kecil:
 
 

wiraswasta kecil ini sangat mendukung perekonomian saat ini, karena peranan wiraswasta kecil sangatlah membantu perekonomian saat ini, dengan peranannya menyediakan tenaga kerja serta menghasilkan produk produk atau barang barang bahkan jasa,membantu memenuhi kebutuhan rakyat ekonomi kebawah dalam memenuhi kebutuhan sehari hari contohnya warung sembako karena masih banyak yang menganggap bahwa pasar swalayan cenderung harganya lebih mahal dan tidak bisa terjadi tawar menawar. bahkan wiraswasta kecil ini mampu menampung tenaga kerja yang pendidikannya rendah sehingga mengurangi tingkat pengangguran saat ini .
wiraswasta kecil juga bersifat fleksibel yang bisa bekerja dan beaktifitas di tempat yang mudah di jangkau oleh masyarakat.
seperti yang pernah ada di berita saat dulu saat negara kita mengalami krisis ekonomi beberapa usaha yang berskala besar atau perusahaan yang besar hampir seluruhnya mengalami kebangkrutan atau stagnasi bahkan ada yang berhenti aktifitasnya namun para wiraswasta kecil tetap eksis dan kuat dalam menghadapi krisis ekonomi tersebut.
dari kejadian itulah dapat kita simpulkan bahwa peranan wiraswasta kecil sangatlah penting dalam mendukung perekonomian saat ini.
namun disamping itu wiraswasta kecil terdapat juga berbagai kekurangan seperti
1.modal yang terbatas
2.tenaga kerja yg kurang berkualitas
3.terbatasnya sarana dan prasarana
4.terbatasnya akses pasar dan informasi
5.cenderung tertutup dalam hal informasi
dengan kekurangan tersebut para wiraswasta kecil kini berlomba lomba demi memperbaiki usaha nya agar lebih baik lagi atau bahkan menjadi wiraswasta yang hebat yang bisa lebih membantu lagi untuk perekonomian saat ini.

Created By : Therasyamia Novtriana Yudha
                                 27212348

Tidak ada komentar:

Posting Komentar